SEBANYAK 137 SANTRI MENGIKUTI KEGIATAN ORIENTASI SANTRI BARU (OSB) MA’HAD AL HIKMAH MAN 1 GRESIK DI TRAWAS MOJOKERTO

Dalam rangka pengenalan lingkungan Ma’had, sejumlah 137 santri baru Ma’had Al Hikmah MAN 1 Gresik mengikuti kegiatan OSB (Orientasi Santri Baru). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Vila Safina Trawas Mojokerto. Orientasi Santri Baru pada tahun ini dilaksanakan dalam dua hari, yaitu tanggal 18—19 Agustus 2023.

Peserta yang terdiri dalam 4 bus tersebut mulai berangkat dari MAN 1 Gresik menuju Trawas pada hari Jumat 18 Agustus 2023 pukul 09.00 WIB. Sesampainya di Trawas, peserta OSB langsung menuju Vila tempat OSB berlangsung, dan bagi santri putra langsung menyiapkan diri mengikuti salat Jumat di sekitar Vila Safina Trawas.

Setelah kegiatan salat Jumat dan santri putri salat berjamaah, seluruh santri baru Ma’had Al Hikmah MAN 1 Gresik berkemas untuk mengikuti kegiatan pembukaan OSB tahun 2023. Kegiatan pembukaan OSB dibuka langsung oleh pembina Ma’had sekaligus Kepala MAN 1 Gresik, Drs. H. Muhari, M.Pd.I.

Dalam sambutannya, beliau berpesan pentingnya sabar dalam belajar. Terutama santri Ma’had Al Hikmah MAN 1 Gresik. tentu sebagai santri tanggung jawab dan tuntutan belajarnya berbeda dengan peserta didik lainnya. Santri Ma’had harus menjalani rutinitas yang sudah terjadwal. Bahkan pukul 03.00 sudah dibangunkan untuk mengikuti kegiatan tahajud dan kegiatan kerohanian lainnya. Maka santri Ma’had Al Hikmah MAN 1 Gresik harus mampu menyeimbangkan kewajiban belajar di kelas dengan kewajiban rutinitas santri Ma’had.

Dalam kegiatan OSB tahun ini terdapat beberapa materi yang didapatkan. Beberapa materi yang didapatkan oleh santri baru Ma’had Al Hikmah meliputi seputar profil Ma’had Al Hikmah MAN 1 Gresik. selain itu, santri baru mendapatkan materi seperti manajemen diri agar tetap disiplin dalam menuntaskan tugas di madrasah dan tuntutan rutinitas di Ma’had Al Hikmah yang disampaikan oleh Ustazah Siti Amriyah, S.Pd. Selain mendapatkan materi, santriwan-santriwati juga mengikuti kegiatan di lapangan seperti senam pagi.

Terdapat hal yang berbeda mengenai peserta yang mengikuti OSB pada tahun ini. Apabila pada tahun-tahun sebelumnya peserta selalu santri perempuan, namun pada tahun ini terdapat peserta dari santri laki-laki. Total peserta yang mengikuti OSB pada tahun ini terdiri atas 20 santri putra, dan 117 santri putri.

Leave a Comment